Selasa, 13 Maret 2012

Apakah SEO itu?


Apakah SEO itu? - Search Engine Optimization (SEO) adalah metode mendesain website untuk menjadikannya Search Engine Friendly. 

Atau dapat dikatakan SEO adalah suatu teknik pengotimasian website agar dapat mencapai posisi strategis di search engine dan berada pada urutan teratas hasil pencarian. 

Secara umum SEO ini terdiri dari dua hal, yaitu SEO onpage dan SEO offpage. SEO onpage adalah teknik optimasi yang berhubungan langsung dengan website itu sendiri, yaitu pengotimasian konten, dan meta tag. Seringkali orang menganggap remeh mengenai SEO onpage, padahal jika kita melakukan optimasi onpage dengan baik bukan tidak mungkin dalam beberapa hari kedepan website kita sudah tampil di halaman pertama search engine. Karena untuk beberapa kata kunci hal tersebut sangatlah memungkinkan.

SEO offpage ini adalah teknik yang tidak berhubungan langsung dengan website yang dioptimasi, dan biasanya yang dilakukan pada tahap ini adalah membangun link masuk sebanyak – banyaknya dari website lain menuju website yang kita optimasi.

Anda tentu sering mengetikkan sebuah atau serangkaian kata pada Google atau Yahoo Search-Box untuk menemukan halaman situs yang anda cari (kita sebut sebagai kata kunci). Sesaat setelah anda melakukan pencarian dengan Search Engine, anda akan diberi laporan berderet ke bawah. Dari yang dianggap yang paling relevan sampai yang dianggap paling tidak relevan.  

Dapat anda melihat, ada begitu banyak halaman yang dilaporkan sebagai halaman relevan yang berisi kata atau frasa yang anda cari. Adakah anda memenukan yang anda cari ?. Link-link yang ditampilkan di halaman pertama tentu saja akan mendapat klik atau kunjungan lebih banyak dari pada yang lain. Dan sebagian besar para pencari di internet malas membuka-buka sampai halaman ke sepuluh atau lebih selain untuk mencari situsnya sendiri.

Oleh sebab itu ada baiknya kita mempelajari SEO. Untuk sedikit ilmu yang saya tahu tentang membuat blog agar SEO friendly silahkan anda lihat disini. Jika masih ada kekurangan atau ketidak sempurnaan saya mohon maaf karena saya sendiri masih belajar. Terima kasih.


Related Post



Tidak ada komentar: